Formasi Sepak Bola dan Penerapannya pada Sebuah Laga

  • Whatsapp
Formasi Sepak Bola
banner 468x60

Formasi Sepak Bola

Britabola.com – Ketika menonton sebuah pertandingan, formasi sepak bola merupakan salah satu kalimat yang sering diucapkan oleh komentator yang bertugas di balik layar.

Namun demikian, nyatanya tak semua kalangan yang menonton sepak bola tahu soal maksud formasi sepak bola beserta strategi penerapannya di era modern ini.

Beberapa kalangan bahkan hanya melihat formasi sepak bola sebagai sebuah cara untuk menempatkan dan meletakkan para pemain di atas lapangan, padahal di dalamnya terdapat berbagai makna dari pemikiran jajaran pelatih dan manajemen tim.

Sepak bola ada olahraga yang paling banyak diminati di seluruh dunia. Sepak bola bukan hanya sekedar permainan tapi juga hiburan. Namun, sepak bola tak sesimpel memasukkan bola ke gawang lawan saja, khususnya bagi seorang pelatih.

Ya, dilansir dari Wikipedia, pelatihlah yang menentukan gaya permainan sebuah tim sepak bola melalui formasi & strateginya. Untuk itu, setiap pelatih harus menguasai formasi sepak bola dengan baik sehingga bisa memilih formasi yang cocok untuk timnya. Kadang kala, penentuan formasi sebuah tim sepak bola tergantung lawan yang dihadapinya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini.

 

Baca juga: Mengenal Istilah Sepak Bola Beserta Peraturannya yang Kerap Diucapkan Komentator

Formasi-formasi dalam Sepak Bola dan Strateginya

Berikut beberapa formasi pada sepak bola yang sering digunakan oleh pelatih dalam menangani timnya. Lihat ulasan selengkapnya.

 

v Formasi 4-4-2 (Counter Attack)

Formasi ini sangat populer pada tahun 90an hingga awal tahun 2000an. Meski kini sudah jarang digunakan oleh klub-klub sepak bola modern, namun formasi 4-4-2 bisa dikatakan cukup melegenda. Formasi ini identik dengan strategi serangan balik. Kunci dari formasi ini ada pada pemain-pemain yang berposisi sebagai winger (sayap kanan dan sayap kiri). Keduanya harus memiliki kecepatan dan akurasi umpan silang yang bagus.

Dengan formasi 4-4-2, serangan balik biasanya dilakukan melalui sayap kanan atau sayap kiri. Namun, formasi ini punya kelemahan yaitu pada 2 gelandang bertahan yang biasanya kurang kreatif. Mereka umumnya memiliki tipe pemotong aliran bola dari lawan. Formasi 4-4-2 ini juga mengharuskan sebuah tim sepak bola memiliki setidaknya 1 penyerang jangkung.

Karena formasi ini dimotori oleh pemain sayap yang sering melakukan umpan silang, maka pemain berpostur tinggi akan sangat bagus untuk menyambut umpan silang tersebut untuk dikonversi menjadi gol. Klub sepak bola dengan formasi utama 4-4-2 biasanya cenderung bermain bertahan dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan serangan balik cepat.

 

v Formasi 4-3-3 (Total Football)

Formasi 4-3-3 kini mulai digemari lagi oleh klub sepak bola dengan strategi menyerang. Namun, formasi ini sudah lebih dulu dipopulerkan oleh Jerman Barat yang kala itu memenangi Piala Dunia tahun 1974. Formasi 4-3-3 yang digunakan oleh Jerman Barat sukses dimainkan dengan baik hingga muncul sebutan Total Footbal. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan bahwa formasi ini adalah formasi yang menyerang total tanpa henti ke tim lawan.

Meski sempat kalah tenar dengan formasi 4-4-2, kini formasi 4-3-3 mulai digemari lagi. Barcelona adalah salah satu klub yang sukses mempopulerkannya lagi meski dengan gaya permainan yang berbeda. Jika Jerman Barat sukses dengan Total Footballnya, Barcelona berhasil dengan Tiki-takanya.

Kini, klub-klub besar sepak bola di Eropa banyak yang mengadopsi formasi ini meski dengan gaya permainan yang bermacam-macam seperti Gegen Pressing yang terus menekan lawan saat menguasai bola dan Sariball yang bisa disebut dengan Tiki-taka vertikal.

Formasi 4-3-3 adalah formasi yang sangat seimbang di semua lini. Otak permainannya ada pada 3 gelandang yang kreatif. Di posisi penyerang, umumnya mereka adalah penyerang-penyerang dengan kemampuan individu yang bagus. Jika tak memiliki gelandang yang kreatif, formasi 4-3-3 justru bisa menjadi bumerang karena lini tengah akan kalah dalam permainan.

 

v Formasi 4-5-1 (Devensive Strategy)

Jika 4-3-3 dikenal sebagai formasi dengan strategi menyerang, formasi 4-5-1 adalah kebalikannya. Ya, 4-5-1 adalah formasi bertahan yang menumpuk banyak pemain di daerah pertahanan sendiri. 4 bek yang dipakai biasanya fokus bertahan semua daripada memikirkan serangan balik.

Dari 5 gelandang yang dipasang, 2 atau 3 diantaranya juga biasanya memiliki tipe sebagai gelandang bertahan. Di depan, formasi ini hanya mengandalkan 1 penyerang murni saja.

Formasi sepak bola  ini biasanya digunakan oleh tim-tim sepak bola yang kurang populer atau bisa disebut tim kecil atau tim papan bawah. Berbeda dengan formasi 4-4-2 yang mengandalkan serangan balik, formasi 4-5-1 cenderung lebih bertahan. Bahkan, tak jarang gol-gol yang tercipta berasal dari bola-bola mati.

Tim dengan formasi 4-5-1 biasanya tidak sering melakukan umpan-umpan pendek. Mereka lebih sering melakukan umpan jauh dan berharap penyerang tunggal mereka mampu memanfaatkan kesempatan sekecil apapun. Dengan formasi ini, dibutuhkan stiker pekerja keras yang mampu berduel dengan pemain lawan serta bisa memanfaatkan peluang kecil.

 

v Formasi 3-5-2 (Ball Posession)

Formasi 3-5-2 memang tak sepopuler formasi 4-3-3. Namun, formasi ini juga bisa dibilang formasi yang cukup bagus dalam menyerang. Pasalnya, formasi ini mengandalkan 5 gelandang yang siap memenangkan duel di lapangan tengah. Oleh karena itu, tim dengan formasi 3-5-2 biasanya memenangi statistik ball posession.

Ada beberapa hal unik dalam formasi ini. Pertama adalah 3 bek yang digunakan. Mereka semua adalah bek tengah. Tanpa adanya bek sayap, ketiga bek tersebut bisa fokus dengan pertahanan mereka. Kedua adalah 5 gelandang.

Dari 5 gelandang tersebut, 2 diantaranya berposisi sebagai sayap dan harus memiliki kemampuan yang sama bagusnya dalam menyerang dan bertahan. Jadi, ketika menyerang, formasi ini seakan-akan menggunakan 4 striker. Sebaliknya saat bertahan, formasi ini seakan-akan menggunakan 5 bek.

Satu lagi yang unik adalah posisi penyerang. Biasanya, kedua penyerang yang dimainkan memiliki karakteristik yang berbeda. Salah satu adalah penyerang murni sedangkan satu lagi adalah second striker yang biasanya berada di belakang striker utama.

Alternatif lainnya adalah satu penyerang yang pandai menjadi pemantul dan satu lagi adalah penyerang dengan tendangan keras yang mematikan. Sayangnya, formasi ini kerap kali buntu saat bola sudah sampai ke depan sehingga jika penyerang yang ada tidak bisa memanfaatkan peluang, permainan justru akan terlihat membosankan.

 

v Formasi 4-3-1-2 (Variasi dari 4-3-3)

Sepintas, formasi 4-3-1-2 mirip dengan 4-3-3. Memang, formasi ini adalah variasi dari 4-3-3 dengan mengandalkan gelandang-gelandang kreatif. Bedanya adalah formasi 4-3-1-2 ini menggunakan 1 pemain yang biasa disebut false nine atau penyerang lubang.

1 pemain yang berada di belakang 2 penyerang ini adalah tipe pemain yang cukup cerdik sehingga kerap kali menjadi pemecah kebuntuan saat para penyerangnya kesulitan menembus tembok pertahanan lawan.

Penyerang lubang biasanya memiliki akurasi tendangan yang baik dan power tendangan jarak jauh yang keras. Selain itu, pemain ini juga kerap kali muncul di depan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Baca juga: Bomber Eks Manchester United dan Atletico Madrid, Diego Forlan, Umumkan Pensiun

Formasi 4-3-1-2 juga bisa dibilang cukup seimbang dalam bertahan maupun menyerang. Formasi ini biasanya digunakan oleh tim-tim besar yang memiliki gaya permainan menyerang. Variasi lain dari formasi ini adalah 4-3-2-1.

Sebenarnya, masih banyak formasi sepak bola yang kadang dipakai oleh beberapa tim sepak bola. Namun, formasi di atas adalah beberapa yang paling populer. Setiap formasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, kalian harus memahaminya dengan baik. Memahami formasi-formasi sepak bola sangat penting untuk pelatih, pemain, bahkan kita yang suka bermain game bertema sepak bola.

Deskripsi: Formasi sepak bola harus ditentukan berdasarkan strategi yang dipakai. Untuk itu, pahami beberapa formasi dan strategi dalam sepak bola beserta kelebihan dan kekurangannya berikut ini.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *